• Posted: 2021-09-20 13:28:42
  • By: administrator29
  • Readed: 38

Pentingnya pengayaan matakuliah, Filkom UPP laksanakan webinar

Mengangkat tema “ Internet of Things and Digital Transformation  Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menyelenggarakan kegiatan webinar sesi satu secara daring, dengan  menghadirkan pembicara dari Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) yaitu Apri Siswanto PhD.

Dalam sambutannya Rektor UPP Dr Hardianto MPd mengapresiasi kegiatan Webinar yang diselenggarakan oleh Filkom UPP. Dia juga menyampaikan secara khusus selamat kepada Filkom khususnya Prodi Sistem Informasi telah memperoleh Akreditasi yang baik yaitu Peringkat “B” dan juga mengucapkan selamat kepada Dr Hendry Kurniawan MM yang menjadi Doktor pertama di Filkom UPP.

“Peran daripada komputer sangat dominan karena semua pekerjaan manusia bisa di wakili oleh komputer, dan mahasiswa harus tetap optimis dan memiliki bekal dalam menghadapi masa depan,” kata Hardianto.

Rektor UPP Dr Hardianto MPD, Pemateri Dr Apri Siswanto MKom, Dekan Filkom UPP Hendri Maradona Mkom dan Pemandu Webinar Dr Hendry Kurniawan

Hardianto juga meminta kepada Filkom untuk terus meningkatkan mutu fakultas, karena saat ini Filkom adalah salah satu Fakultas terfavorit di Universitas Pasir Pengaraian, dan konsen membangun sarana prasarana yang menunjang serta optimis Filkom akan menjadi Fakultas Utama di Universitas Pasir Pengaraian.

“Fakultas ilmu komputer sekarang ini merupakan jurusan yang paling di minati di UPP, dan memiliki jumlah mahasiswa yang banyak, oleh karenan itu harus terus meningkatkan mutu pelayanan yang optimal sehingga mampu memberikan kualitas pada stake holder, sebab di Rokan Hulu banyak sekali pangsa pasar Filkom yang tepat seperti sekolah setingkat SMA/SMK/MA, Perangkat Pemerintahan dan Swasta,” tambahnya.

“Terimakasih kepada Pak Rektor karena telah membuka acara webinar Filkom ini, dan juga menyampakan kepada seluruh peserta bahwa tujuan dilaksanakan Webinar ini adalah salah satu bentuk pengayaan matakuliah pada semester Ganjil 2021-1 ini,” kata Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPP, Hendri Maradona Mkom.

“Disetiap awal menjelang pertengahan semester Filkom selalu mengadakan Pengayaan Matakuliah dengan maksud memberikan tambahan-tambahan pengetahuan di tingkat mahasiswa kita, memberikan kesempatan pembelajaran baru bagi peserta didik yang memiliki kelebihan sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengoptimalkan perkembangan minat, bakad, kecakapan dan jangan hanya terpaku dari pengetahuan yang ada di kelas saja,” jelasnya.

Oleh karenanya kata Hendri, pengayaan matakuliah ini harus dilakukan lebih dari sekali dalam satu semester. kemudian webinar ini juga bertujuan memberi bekal kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri khususnya bidang IoT dan digital transformation untuk menghadapi era-era terbaru hari ini.

Dalam sesi pemaparan materi, webinar kali ini dipandu oleh Dr Hendry Kurniawan MM, Dia menyampaikan
Curriculum Vitae pemateri yang sangat luar biasa.

Pemateri Dr Apri Siswanto, MKom menyampaikan materi IoT dan Digital Transformation, bagaimana saat ini dunia tidak ada batasan lagi secara fisik, sangat memengaruhi proses bisnis hari ini.

“Pentingnya materi IoT dan Digital transformation untuk dikuasai oleh mahasiswa sehingga peluang pekerjaan sangat terbuka lebar, baik di dunia usaha maupun dunia industri,” kata Apri.

Disesi akhir dibuka quiz oleh pemateri, dari 300 mahasiswa terpilih 10 mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan menggunakan metode aplikasi Kahoot.it yaitu aplikasi akan secara otomatis memilih siapa yang paling cepat dan benar menjawab dari 15 pertanyaan yang diajukan.

Setelah sesi quiz selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari mahasiswa kepada pemateri dan diakhiri dengan foto bersama.

Kegiatan Webinar Filkom UPP ini juga dapat diakses disini

Tags: