• Posted: 2021-10-21 00:00:00
  • By: administrator29
  • Readed: 50

Sempena Dies Natalis ke-7, Filkom UPP Taja Webinar dan Potong Tumpeng

Dies natalis ke-7 Fakultas Ilmu Komputer tepat pada tanggal 17 Oktober 2021. bersempena dengan itu Filkom UPP taja Webinar dengan tema “ Dies natalis Filkom ke 7 Meningkatkan Etos kerja dan kedisiplinan akademik”. kegiatan ini dilakukan secara Daring dengan menghadirkan dua narasumber yakni Dr Purwo Subekti MT dan Dr Hendry Kurniawan MM.

Acara diawali sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu komputer Hendri Maradona MKom. Dirinya sangat Optimis Filkom UPP mampu bersinergi dan berkontribusi bagi kemajuan UPP.

“Diusia 7 tahun ini dirinya yakin dan percaya Filkom UPP akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan UPP kedepan. tidak hanya itu Filkom UPP terus berkomitmen dan fokus terhadap transformasi digital dengan harapan menjadi kampus Teknopreneur tahun 2035,” ujar Hendri.

Dekan Filkom juga berterimakasih kepada sivitas akademika UPP yang telah mensupport Filkom hingga menjadi fakultas terfavorit hari ini, begitu juga dengan sivitas akademika Filkom yang telah bekerjasama, berjuang bersama, bahu membahu membawa Filkom kearah yang lebih baik, dimana 7 tahun telah dilalui bersama tentu banyak suka dan duka. Begitu juga dengan Alumni yang telah memberikan kontribusinya kepada Filkom sehingga memberikan gambaran bahwa alumni diluar sana sangat diperlukan dan diandalkan dalam setiap pekerjaan perusahaan.

Selain itu sambutan juga diberikan oleh salah satu pendiri program studi sistem informasi dan teknik informatika yaitu Kiki Yasdomi MKom, Dia menyampaikan selamat dan sukses kepada fakultas ilmu komputer baik prodi sistem informasi maupun teknik informatika.

“Perjalanan panjang dalam mengurus izin operasional kedua Prodi ini, beberapa kali proposal pendirian Prodi ini ditolak, dan jalan terakhir harus pergi ke Jakarta untuk mengurus secara langsung agar terfokus, dan alhamdulillah pada tanggal 17 oktober 2014 izin operasional kedua Prodi ini diterbitkan dan pada 1 september sudah bisa dilakukan pelaksanaan perkuliahan perdana, di mana filkom pertama berkampus di gedung bundar UPP,” jelas Kiki.

Dia berpesan agar Filkom terus berupaya untuk maju dan berkembang lebih cepat lagi daripada hari ini, dan insyaAllah Filkom akan diprioritaskan untuk dibangunkan gedung baru yang sangat representatif sehingga mendukung sarana dan prasarana untuk pelaksanaan praktikum dengan harapan mahasiswa mampu membawa prestasi bagi Filkom kedepan.

Dalam sambutannya Rektor UPP Dr Hardianto MPd sebelum dilaksanakannya pemotongan tumpeng bersama, Dia mengumpamakan ibaratkan anak sekolah Filkom UPP di usia 7 tahun ini masih baru masuk sekolah, baru belajar baca dan tulis, oleh karenanya Filkom harus terus bersemangat dan jalin kebersamaan, sehingga Filkom kedepan menjadi fakultas andalan di Universitas Pasir Pengaraian.

Pemotongan Tumpeng merayakan Dies Natalis ke-7 Filkom UPP. 

“Filkom sekarang ini telah menjadi fakultas andalan dan favorit di UPP, oleh karenanya terus berkembang dan lebih baik lagi kedepan. kemudian dengan tema yang sangat menarik ini, Dia berharap dengan meningkatkan etos kerja dan kedisiplinan yang terukur Filkom akan mampu menjadi salah kampus swasta terbaik di Riau maupun di Rokan Hulu. karena salah satu syarat untuk bisa menjadi lebih baik kedepannya adalah dengan meningkatkan etos kerja dan kedisiplinan,” jelas Hardianto.

Setelah dilakukan pemotongan tumpeng oleh Rektor dan wakil Rektor bersama sivitas akademika Filkom, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan acara inti yaitu Webinar Fakultas Ilmu Komputer.

Pemateri pertama diberikan kesempatan kepada Dr Purwo Subekti MT dengan membawa tema “Meningkatkan Etos Kerja dan Kedisiplinan Sivitas Akademik Sebagai upaya UPP Lebih Baik”.

Dr Purwo Subekti MT mengupas tuntas terkait Etos kerja dan Kedisiplinan, sebab pemateri yang satu ini sudah cukup banyak makan asam garam di dunia akademik, dan sebagian besar isi materinya adalah pengalaman yang telah dilaksanakan pada saat memimpin banyak posisi di struktural UPP saat itu.

“Etos kerja itu adalah karakter baik dari sivitas akademika UPP yaitu dalam bentuk semangat, prinsip, aksi, nilai di mana itu adalah hal positif untuk UPP lebih baik,” kata Purwo.

Dia juga menyampaikan bahwa kedisiplinan itu kesepakatan regulasi, pelaksanaan, kontrol sehingga kemudian dapat dinilai atau dievaluasi. Outputnya adalah penilaian dosen terbaik dan pemberian penghargaan kepada dosen yang berprestasi.

“Fakultas itu wajib mempunyai Target yang dapat diukur tergambar dari rencana tahunan hingga mampu mencapai capaian yang ingin diharapkan, kemudian fase terakhir adalah Evaluasi,” terang Purwo.

Pemateri kedua disampaikan oleh Dr Hendry Kurniawan MM. Dia adalah salah satu dosen Program studi Sistem Informasi dan merupakan Doktor pertama pada prodi Sistem informasi.

Materi yang disampaikannya yaitu “Motivasi Diri Agar Semangat Kuliah”. Dia menyampaikan bahwa banyak sekali faktor yang membuat mahasiswa cuek dengan perkuliahannya seperti jenuh, stres, malas, tidak fokus, merasa sulit, sehingga menurutnya ada beberapa tip untuk memecahkan masalah tersebut di atas yaitu yang pertama ingat tujuan awal, self reward, ingat kedua orang tua, lihat kebawah, jangan tunda pekerjaan, dan temukan metode belajar.

Setelah materi diberikan oleh kedua pemateri maka dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk memberikan gambaran yang jelas kepada mahasiswa, saat sesi tanya jawab berlangsung peserta sangat antusias untuk mendapatkan tambahan ilmu dan bisa diskusi secara langsung kepada kedua pemateri.

Tags: